KSI, contoh iklan yang mempunyai persepsi berbeda antara pengiklan dan konsumen
Contoh iklan yang menimbulkan persepsi yang berbeda antara pengiklan dan konsumen.
Iklan kerudung Rabbani sebenarnya ingin menyapaikan bahwa kerudung Rabbani mengeluarkan produk baru tidak hanya kerudung polos yang menjadi ciri khasnya.
Namun hal itu membawa persepsi yang berbeda untuk konsumen yang melihat dan membacanya, konsumen beranggapan bahwa tida semua anak perempuan yang berhijab itu polos. Mungkin sebaiknya tulisannya tida seperti itu akan lebih baik jika ditulis seperti ini “ tidak semua cewek itu berhijab polos” makan akan menimbulkan persepsi yang berbeda.
Dove sebenarnya hendak menyampaikan bahwa kecantikan dalam keragaman warna kulit. Akan tetapi pesan tersebut tidak tersampaikan melalui visualisasinya dan justru memiliki interpretasi lain. Iklan tersebut memperlihatkan seorang perempuan yang berkulit hitan mengenakan kaos berwarna coklat kemudian berganti menjadi kaos berwarna putih setelah menggunakan sabun Dove, setelah itu wanita yang berkulit putih melakukan hal yang sama dan berubah menjadi wanita aslinya (sawo matang).
Dalam pikiran konsumen malah menjadi terbalik dengan maksud yang sesungguhnya, konsumen beranggapan bahwa Sabun Dove bisa merubah warna kulit seseorang yang semula sawo matang akan berubah menjadi lebih putih, dan begitu seterusnya.
Iklan kerudung Rabbani sebenarnya ingin menyapaikan bahwa kerudung Rabbani mengeluarkan produk baru tidak hanya kerudung polos yang menjadi ciri khasnya.
Namun hal itu membawa persepsi yang berbeda untuk konsumen yang melihat dan membacanya, konsumen beranggapan bahwa tida semua anak perempuan yang berhijab itu polos. Mungkin sebaiknya tulisannya tida seperti itu akan lebih baik jika ditulis seperti ini “ tidak semua cewek itu berhijab polos” makan akan menimbulkan persepsi yang berbeda.
Dove sebenarnya hendak menyampaikan bahwa kecantikan dalam keragaman warna kulit. Akan tetapi pesan tersebut tidak tersampaikan melalui visualisasinya dan justru memiliki interpretasi lain. Iklan tersebut memperlihatkan seorang perempuan yang berkulit hitan mengenakan kaos berwarna coklat kemudian berganti menjadi kaos berwarna putih setelah menggunakan sabun Dove, setelah itu wanita yang berkulit putih melakukan hal yang sama dan berubah menjadi wanita aslinya (sawo matang).
Dalam pikiran konsumen malah menjadi terbalik dengan maksud yang sesungguhnya, konsumen beranggapan bahwa Sabun Dove bisa merubah warna kulit seseorang yang semula sawo matang akan berubah menjadi lebih putih, dan begitu seterusnya.
Komentar
Posting Komentar